Cakrawala

Habis gelap terbitlah terang… Kartini sekarang belum gelap belum bisa pulang….


Kartini Jaman Now

Ibu kita Kartini, putri Indonesia..... oooh, namanya Harum toooh ?

Setiap tanggal 21 April wanita selalu menjadi perbincangan hangat. Sosok wanita yang menginspirasi akan bermunculan. Kita banyak mengenal wanita-wanita “perkasa” ditiap jamannya. Perkasa bukan dalam pengerian fisik tentu saja. Dengan preferensi masing-masing orang, wanita hebat Indonesia pastilah sangat banyak.

Penokohan Kartini sebagai pejuang emansipasi sebenarnya sudah lama diperdebatkan, namun saya tidak ingin membicarakan kiprah tokoh yang namanya sengaja (terlanjur?) dicitrakan ini. Meskipun masih diperdebatkan sebagai hari perjuangan kaum wanita dari kungkungan dan keterbelajangan, kita tentu saja tidak menafikan ide-idenya bagi kemajuan wanita di jamannya.

Kalau kita mau ‘menelisik’ sejarah secara lebih teliti, terus terang saya lebih berdecak kagum pada perjuangan Cut Nyak Dien dan Dewi Sartika, yang secara jelas berbuat nyata bagi perubahan masyarakat di jamannya. Bukan berarti saya tidak mengagumi sosok Kartini, hanya saja tidak perlu berlebihan, karena ternyata banyak wanita Indonesia yang tidak terekpose kiprahnya bagi kemajuan kaumnya demi berbagai kepentingan dan situasi politik saat itu. Salah kaprahnya pemahaman emansipasi dibenak kaum wanita , makin mengarah pada gerakan feminisme yang keliru konteknya.

Sekarang mari kita lihat bagaimana perempuan di era yang sudah banyak memberi ruang seluas-luasnya bagi kemajuan wanita Indonesia saat ini.

Emansipasi, di satu sisi sudah nampak kebablasan. Padahal kita tahu, kemajuan wanita bukan berarti mengesampingkan kodratnya. Perjuangan Kartini berarti memberikan peran wanita sesuai porsinya. Wanita dan laki-laki memiliki kodratnya masing-masing. Benar bahwa saat ini wanita memiliki banyak peluang prestasi.

Continue reading “Habis gelap terbitlah terang… Kartini sekarang belum gelap belum bisa pulang….”

Cakrawala

Perselingkuhan di Dunia Maya


By : Ettylist

Kemajuan teknologi dan komunikasi melaui internet sedang merambah masyarakat kita. Untuk dapat terhubung ke internet saat ini sudah amat mudah dan murah. Perkembangannya yang begitu pesat, merubah pola komunikasi masyarakat. Terutama setelah maraknya situs jejaring sosial dengan nama facebook, wattshap dan sejenisnya ini begitu cepat dikenal masyarakat luas, dari berbagai kalangan dan usia. Ditambah lagi sudah banyak sarana komunikasi hand phone dengan harga relatif murah yang dilengkapi dengan fitur-fitur mudah. Kita dapat terhubung setiap saat dengan banyak orang tanpa sekat ruang dan waktu….

Yang menarik dari fenomena ini adalah semakin maraknya ajang reuni dari berbagai kalangan di berbagai tempat.

Terlepas dari tujuan kegiatan ini yang mungkin digunakan sebagian orang sebagai ajang pamer keberhasilan, reuni sebenarnya amat bagus sebagai sarana mempererat tali silaturahmi dan memperluas jaringan. Untuk tujuan ini syah2 saja reuni digelar karena manfaatnya jelas.

Saat ini saya tidak ingin menyoroti tentang maraknya reuni. Akan tetapi dampak dari teknologi yang telah memudahkan kita terhubung kembali dengan teman lama setelah puluhan tahun terpisah. Menarik untuk dicermati. Khususnya fenomena pemanfaatan jejaring sosial seperti facebook (FB) yang juga digunakan sebagai ajang perselingkuhan. Mengapa mesti terjadi perselingkuhan melalui dunia maya hingga merusak sendi2 keluarga dan menghilangkan kepercayaan pasangan. Apa yang menyebabkan ini semua ?

Kejenuhan dengan pasangankah ? Ataukah karena namanya dunia maya, hingga mereka berpikir tak kan merusak hubungan keluarga di dunia nyata.

Seorang teman bercerita, bagaimana suaminya bertemu dengan mantan pacarnya di FB, setelah lebih 25 tahun berpisah karena masing-masing menjalani kehidupan lain selepas lulus sekolah menengah. Merekapun akhirnya menjalin hubungan kembali secara sembunyi-sembunyi. Beremula dari sekedar just say hello di dunia maya. Berlanjut dengan obrolan ringan ketika chatting hingga saling curhat. Awalnya mungkin tanpa disadari hingga pada suatu titik mereka pun merasa memiliki tempat untuk berbagi. Ketika hati telah berpaling pada pria/wanita idaman lain, biasanya pasangan di rumah akan nampak buruk saja, kekurangan pasangan menjadi semakin mencolok.

Setiap orang rupanya perlu menjaga komitmen, lalu memahami hakekat sebuah pernikahan. Jika ini menjadi landasannya, mestinya sejak awal bisa dihindari. Islam bahkan sudah mengaturnya, bagaimana komunikasi antar manusia yang berlawanan jenis yang bukan muhrim. Aturan dalam memperlakukan hewan saja ada, apalagi interaksi sesama manusia. Mengumatamakan langkah preventiv menjadi satu hal terpenting supaya tidak terpelosok dalam kenistaan.

Bisa jadi bermula dari ketertarikan fisik melalui foto profil yang dipajang sedemikian rupa, atau koment yg tanpa sadar membuat orang dipihak sana berbunga-bunga. Semua ini adalah pintu, yang apabila terkuak sedikit saja, maka dengan segera setan mengambil peran untuk memperlebar.

Sebuah cerita yang menyesakkan sudah dialami beberapa orang yang saya kenal cukup dekat. Saya tidak tahu lagi kabar teman saya ini, sampai akhirnya saya dengar hubungan mereka sudah sedemikian genting dan sekarang dalam proses perceraian. Miris. Semoga keluarga ini diberikan jalan keluar yang baik.

Siapa pun, baik laki-laki maupun perempuan, mereka yang terseret arus CLBK (cinta lama bersemi kembali), semoga dapat menyadari bahayanya bagi komitmen keluarga. Tentunya akan menjadi sulit jika sudah terbawa oleh derasnya arus yang menghanyutkan ini.

Siapa pun, baik laki-laki maupun perempuan, mereka yang berada dalam situasi ini, saran saya cepatlah ambil sikap untuk menyelamatkan rumah tangga. Keinginan untuk ngobrol di dunia maya dengan mantan pacar, ataupu orang yang baru kita kenal yang sudah membuat kita tertarik, itu hanya maya! Semu ! Tetap berkomitmen untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga dan menjaga kepercayaan pasangan. Tak ada yang tak mungkin memang.

Bisa jadi kita tidak menyukai salah satu perangai padangan. Bertahun tahun membuat jengkel. Bersabarlah, maka Allah kan memberikan kepadanya kelebihan yang banyak.

Bagi kaum wanita, yang nyaris tergelincir oleh derasnya arus teknologi, jangan manjakan perasaanmu untuk situasi ini. Menyesatkan dan menina bobokan. Jangan sampai nanti menyesal, karena orang yang kamu kagumi di dunia maya ternyata hanya sampah yang dikemas dalam bungkusan melalui rangkaian kata manis ketika chatting misalnya.. Ia menarik, ia apik, ia … blaa…blaaa.. lainnya hanya ketika di dunia maya. Jika suami di rumah sudah cukup menafkahimu lahir batin, bahkan memberimu kebebasan berekspresi untuk menunjukkan potensimu agar dapat bermanfaat bagi orang banyak, lalu apa lagi… Bersyukurlah. Jauhkan dirimu dari selingkuh.

Jkt, April 2018

Salam hangat dan Semangat.

Etty Lismiati

Cakrawala

Apa Sebabnya Penipu Melalui SMS INI Masih Rajin Menjerat Mangsa?


Minta pulsa=mencuri ?

Transfer saja uangnya ke nomor rekening xxxxxxx atas nama Anu di Bank Anu.  Atau “Tolong  kirimkan mama pulsa ….” dan blaa bla..blaa….

Siapa coba yang tidak pernah menerima  sms aneh dari nomor tak di kenal yang isinya seperti ini ? Mungkin tidak cuma sekali. Saya pun cukup sering menerimanya.  Tentu saja dari nomor yang berbeda-beda. Basi banget kaaan…? Tapi anehnya kok sms semacam itu masih ada ya hingga saat ini. Sampai saya pikir, pastilah ada saja orang yang terjebak. Sebab kalau tidak, mana mungkin penipu itu tetap eksis dengan modus operandi yang sudah basi. Siapa yang pernah kena hayooo…..ngakuuu…. Kalau hari gini masih ada yang tertipu, waaaddduh ! Continue reading “Apa Sebabnya Penipu Melalui SMS INI Masih Rajin Menjerat Mangsa?”

Cakrawala

HIDUP SEHAT TANPA ASAP ROKOK, SEBUAH KAMPANYE TERSELUBUNG…???


Kenikmatan apa sih yang ada dibalik sebatang rokok….?(Foto diambil dari sini :http ://t2.gsta tic.co /images?q=tbn: ANd9G S69r vP84-nAN _nv_Cb2XAbpeY 6U4BI5 UfPfj5EpPzO6zYL4Jm)

Suami saya mulai merokok sejak duduk dibangku kuliah. Sepertinya semakin bertambahnya usia konsumsi dan ketergantungannya pun kian bertambah. Dulu, masih bisa dia menghabiskan satu bungkus rokok saja dalam sehari. Tapi sekarang dua hingga tiga bungkus rokok dalam sehari, mungkin bisa lebih. Semua teman-temanya pun sama saja, perokok !

Continue reading “HIDUP SEHAT TANPA ASAP ROKOK, SEBUAH KAMPANYE TERSELUBUNG…???”

Cakrawala

Mesjid dan Mall


foto dari https://encrypted-tbn2.google.com/images?q=tbn:ANd9GcRrlWTFWX4YFy1FLd1lSPialn
WU0A1 pDjBVS7J4_HLInTTuY7G1

Banyak Mall di Jakarta, tempat sholatnya hanya menempati sebuah ruang kecil di parkiran basement dengan perlengkapan seadanya. Kontras dengan kemegahan bangunan mall yang indah. Bahkan ada yang hanya berupa ruang sempit di dekat pusat instalasi  pendingin ruangan, yang terletak di salah satu sudut di dalam area parkir mobil. Bisa dibayangkan, panasnya berada di mushola kecil itu tanpa AC . Continue reading “Mesjid dan Mall”

Cakrawala

Pesona Danau di Ranah Minangkabau (Bagian 2: Danau Maninjau)


PLTA Maninjau

Mau keliling Danau ? Ada perahu yang bisa di sewa di situ.Mau keliling Danau ? Ada perahu yang bisa di sewa di situ.
Mau keliling Danau ? Ada perahu yang bisa di sewa di situ.
PLTA ManinjauPLTA Maninjau
PLTA Maninjau

Danau Maninjau berada di kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, adalah type danau tektonik yang berada pada ketinggian 461,5 meter dibawah permukaan laut. Dengan luas sekitar 96 km2, keberadaan danau ini telah banyak memberikan kontribusi sebagai sumber penggerak perekonomian masyarakat setempat. Panorama yang mempesona, menjadikannya sebagai salah satu andalan devisa di sektor pariwisata.

Gambar ini di ambil dari atas perahu yang kami sewa untuk keliling danau dan mendekati pulau-pulau kecil disekitar danau.Gambar ini di ambil dari atas perahu yang kami sewa untuk keliling danau dan mendekati pulau-pulau kecil disekitar danau.
Gambar ini di ambil dari atas perahu yang kami sewa untuk keliling danau dan mendekati pulau-pulau kecil disekitar danau.
Di pinggir dermaga, nampak perahu-perahu yang siap mengantar wisatawan keliling danau. Pada musim liburan, wisatawan bahkan harus menunggu giliran untuk mendapatkan perahu yang bisa membawa mereka berkeliling danau. (photo by : Ettylist))Di pinggir dermaga, nampak perahu-perahu yang siap mengantar wisatawan keliling danau. Pada musim liburan, wisatawan bahkan harus menunggu giliran untuk mendapatkan perahu yang bisa membawa mereka berkeliling danau. (photo by : Ettylist))
Di pinggir dermaga, nampak perahu-perahu yang siap mengantar wisatawan keliling danau. Pada musim liburan, wisatawan bahkan harus menunggu giliran untuk mendapatkan perahu yang bisa membawa mereka berkeliling danau. (photo by : Ettylist))

Dengan kedalaman danau hingga mencapai 165 meter, memungkinkan

Continue reading “Pesona Danau di Ranah Minangkabau (Bagian 2: Danau Maninjau)”

Cakrawala

Pesona Danau di Ranah Minangkabau (Bagian 1 : Danau Singkarak)


Ekosistim yang yang terdapat di Danau Singkarak, menghasilkan species yang hanya ada di danau ini, yaitu ikan bilih (Mystacoleucus padangensis). Anehnya, ikan ini tidak dapat dibudidayakan diluar habitatnya yang asli, termasuk pembudidayaan dengan jala terapung yang banyak bertebaran diseputar danau. Jala terapung ini dapat menambah ekonomi masyarakat di sekitar danau melalui budidaya udang maupun hasil tangkapan lainnya.

Sumatra barat sudah banyak dikenal sebagai daerah tujuan wisata yang cukup potensial. Meskipun gaungnya tak senyaring Bali, kita tahu ada banyak objek wisata menarik di propinsi ini. Mau wisata alam, wisata sejarah ataupun wisata budaya, semua menakjubkan untuk dijelajahi.

Continue reading “Pesona Danau di Ranah Minangkabau (Bagian 1 : Danau Singkarak)”

Cerita dibalik foto

Lembah Harau Yang Memukau


Pondok kecil dibelakang saya ini merupakan salah satu bagian dari resort Sarasah Bunta di Lembah Harau
Pondok kecil dibelakang saya ini merupakan salah satu bagian dari resort Sarasah Bunta di Lembah Harau

Liburan panjang, waktu yang selalu ditunggu banyak orang. Dibutuhkan persiapan dan informasi sebanyak mungkin untuk dapat menikmati perjalanan yang mengasyikkan. Terutama ke daerah yang belum pernah dikunjungi, kemanapun tujuannya. Tulisan-tulisan saya pada edisi liburan kali ini barangkali bisa sedikit memberikan informasi beberapa objek wisata di seputar Sumatra Barat khususnya.

photo by: ettylist.

Bagi anda yang belum menentukan daerah tujuan wisata, berkunjung ke “Ranah Minang” mungkin bisa menjadi salah satu alternatif. Kampung halaman kedua orang tua saya ini, memiliki banyak lokasi wisata menakjubkan yang layak diperhitungkan. Meskipun saya lahir dan besar di Jakarta, namun pesona alam Minangkabau selalu membangkitkan nuansa tersendiri yang membuat saya ingin datang dan datang lagi. Salah satunya adalah Lembah Harau ini. Promosi? Gak salah juga kaaan….??? Karena keindahan alamnya memang asli mempesona !

Continue reading “Lembah Harau Yang Memukau”

Cakrawala

PEMBANTU


Bisa dibayangin deh gimana repotnya gak ada pembantu untuk ibu-ibu  yang bekerja maupun bagi mereka yang memiliki seabreg aktifitas  di luar rumah. Apalagi yang memang sudah terbiasa menyerahkan segala urusan tetek bengek rumah tangga kepada pembantu hingga puluhan tahun.  Kalo anak sudah besar-besar mungkin gak terlalu jadi kendala. Saya inget dulu waktu harus ‘nenteng-nenteng’ anak untuk ngajar ketika si kecil masih balita. Meskipun pinpinan maupun temen-temen di sekolah gak masalah, tapi rasanya gimanaaa gitu ya.. Sementara belum dapat pengganti, kadang malah, anak sampe dititip dulu ke tetangga karena keluarga dekat lokasinya agak jauh sie. Kondisi begini memang bisa ganggu kinerja  kita.

Cari pengganti juga gak gampang, harus selektif, karna terkait pada perkembangan anak yang akan menghabiskan banyak waktu bersamanya dirumah.  Jadi mau gak mau saya siasati supaya gak bergantung sepenuhnya pada pembantu sejak awal, dengan melibatkan anggota keluarga untuk urusan rumah tangga, minimal bisa membantu hal-hal sederhana yang bisa mereka lakukan untuk dirinya sendiri . Sebagai bagian dari proses mengembangkan nilai-nilai tanggung jawab, tidak bijaksana jika kita membiarkan si kecil yang masih duduk di TK misalnya, benar-benar  tergantung sepenuhnya pada pengasuhnya. Mulai melek di pagi hari hingga tidur di malam hari.  Lama-lama si kecil yang kita sayangi ini akan tumbuh menjadi seorang anak yang manja dan tidak mandiri.

Continue reading “PEMBANTU”

71News

MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru)


MOPDB dulu lebih dikenal dengan nama MOS (Masa Orientasi Siswa) yang sampai saat ini masih familier di telinga masyarakat. Setelah Kemendiknas mengganti sebutan siswa menjadi  peserta didik, maka MOS pun berubah nama menjadi MOPDB.  MOS ataupun MOPDB hanya sebuah istilah, intinya adalah sebuah kegiatan yang bertujuan membantu siswa agar dapat beradaptasi dengan baik dilingkungan barunya. Selain melibatkan OSIS sebagai pelaksana teknis, kegiatan ini juga melibatkan hampir semua komponen sekolah serta dukungan stake holder  dibawah naungan komite sekolah, yang bersama-sama memiliki tanggung jawab membangun budaya sekolah. Bagi siswa yang lebih senior sudah bukan jamannya lagi MOPDB menjadi ajang perpeloncoan . Bukan jamannya lagi menumbuhkan rasa hormat dengan cara merendahkan. MOPDB selain menjadi kegiatan awal di sekolah baru, juga sebagai media berekspresi bagi siswa dari kelas yang lebih tinggi  untuk menunjukkan kebolehannya melalui bidang ektra kurikuler yang digeluti, sekaligus menarik minat anggota baru dengan berpromosi  .

Continue reading “MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru)”

Serba serbi dunia pendidikan

JUJUR vs CURANG


Membaca isi hati dan kegelisahan salah seorang keponakanku , Tami yang di tulis di blognya sendiri mengenai fenomena kecurangan dalam UN, memang menarik dan mengusik. Membangkitkan kembali harapanku bahwa masih banyak generasi penerus bangsa ini yang tetap memegang teguh nilai-nilai kejujuran ditengah derasnya arus degradasi dan pendangkalan nilai-nilai pendidikan. Sebagai seorang guru, saya pun terusik dengan kenyataan memalukan dunia pendidikan ini. Setelah sekian lama Continue reading “JUJUR vs CURANG”

Cakrawala

Angkutan masal yang nyaman, tapi tidak nyaman !


Dari tahun ke tahun, Jakarta masih saja berkutat soal kemacetan. Padahal katanya sudah diurus oleh akhlinya. Ingat slogannya ‘Bang Foke’ dulu, “Serahkan  Jakarta pada yang akhli….” Sepertinya Jakarta masih kerepotan juga bagaimana mengurangi kepadatan jalan, atau membuat sistim transportasi yang manusiawi dan nyaman. Kalau saja Pemda konsisten pada tujuan semula, Bus Way untuk mengurangi kemacetan, ya mestinya di buat nyaman dong. Pasti orang lebih suka mobil-mobil pribadinya tersimpan di garasi pada jam-jam sibuk setiap hari. Nyatanya, Continue reading “Angkutan masal yang nyaman, tapi tidak nyaman !”

Cakrawala

Mesjid


Di sebuah kompleks rencananya akan di bangun sebuah mesjid, tapi hingga 2 tahun belum dapat terealisasi, padahal lingkungan sekitarnya mayoritas muslim tergolong mampu secara ekonomi. Ini terlihat dari deretan rumah yang cukup bagus dan beberapa bisa dikatakan mewah. Karena sudah lebih 2 tahun belum dapat teralisasi, maka panitia pembangunan mesjid ini mencari bantuan ke Brunai Darusalam dan Arab Saudi. Mengapa terjadi ironi seperti ini ?

Berbeda dengan cerita di atas, di sebuah perkampungan kumuh ….. Continue reading “Mesjid”

Serba serbi dunia pendidikan

Jalur Prestasi ke Perguruan Tinggi


Membaca komen dan status di FB salah satu mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi ternama di negeri ini, kok sepertinya mereka keberatan  jika mahasiswa baru yang akan bergabung menjadi bagian dari almamater mereka ini masuk melalui jalur prestasi.  Jaman saya SMA dulu namanya PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan), gak tau deh apa istilahnya sekarang.

Iseng saya ‘menjambangi’ wall to wall. Ngintip status beberapa teman dan murid-murid SMP saya dulu yang sekarang sudah jadi mahasiswa. Salah seorang mahasiswa menulis begini, “ eh… masak sekarang ada calon mahasiswa yang bisa masuk kedokteran hanya dengan nilai raport. Ajaib”.  Lalu komen lainnya, “jaman kita dulu kan susah ya masuk ke sini”. Bahkan ada yang nulis gini, “kayak gak adil ya, dulu kita masuk ke sini susah banget , gak kayak sekarang”.  Dan bla..bla….bla…

Laaah ?! Padahal justru Continue reading “Jalur Prestasi ke Perguruan Tinggi”

Info, Info nomor telepon penting

Nomor Telepon Penting, pasti dibutuhkan sekarang atau pun suatu saat nanti


Air France DKI Jakarta (021) 520 2262-63, 550 7140
2 Air India DKI Jakarta (021) 385 8845, 550 7012
Air New Zealand DKI Jakarta (021) 573-8195
4 Ambulans DKI Jakarta 118 atau (021) 334-030
5 Ambulans JKK DKI Jakarta 119
6 American Airlines DKI Jakarta (021) 231-1132
7 Avis Rent A Car DKI Jakarta (021) 3142900; 3150854
8 Bakorstanasda Jaya Bekasi Starpage (021) 390-2222 ID 19207
9 Bakorstanasda Jaya DKI Jakarta Starpage (021) 390-2222
10 Bakorstanasda Jaya Jakarta Barat Starpage (021) 390-2222 ID 19203
11 Bakorstanasda Jaya Jakarta Pusat Starpage (021) 390-2222 ID 19201
12 Bakorstanasda Jaya Jakarta Selatan starpage (021) 390-2222 ID 19204
13 Bakorstanasda Jaya Jakarta Timur Starpage (021) 390-2222 ID 19205
14 Bakorstanasda Jaya Jakarta Utara Starpage (021) 390-2222 ID 19202
15 Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng (021) 550-5179, 550-5307, 550-5309 Continue reading “Nomor Telepon Penting, pasti dibutuhkan sekarang atau pun suatu saat nanti”

Cakrawala

Berbuat Baik Adalah KESEMPATAN !


Terinspirasi dari status FB teman saya, yang mendapatkan pertolongan tetangganya ketika mobilnya mengalami kempes di jalan disaat akan mengantar anaknya ke sekolah. Mengganti ban mobilnyanya, padahal tetangganya itu sedang dalam perjalanan ke kantor. Tentu saja sudah rapi, tapi masih mau menyempatkan diri untuk turun dan membantunya. Bahkan memberi tumpangan untuk anaknya yang searah dengan perjalanannya. Sebuah sikap yang mengesankan bukan ? Maka saya tulis catatan ini, karna yang muncul dibenak saya bagaimana sikap orang pada umumnya ketika melihat kesulitan orang lain ditengah kesibukannya sendiri ? Teman saya ini tinggal di Continue reading “Berbuat Baik Adalah KESEMPATAN !”

Cerita dibalik foto

BJRB, TANAMKAN CINTA BAHARI SEJAK DINI


TNI angkatan laut bekerja sama dengan Diknas dan Pemda Jakarta Utara melaksanakan kegiatan Bintal (Pembinaan Mental) Juang Remaja Bahari (BJRB) 2010. Pangkalan Utama Angkatan Laut (LANTAMAL) III yang bermarkas di Jakarta sebagai pelaksana kegiatan, mempunyai misi yang bagus untuk menumbuhkembangkan cinta bahari sejak dini terhadap generasi muda.Sedikitnya 600 pelajar SMA sepulau Jawa, termasuk didalamnya 150 pelajar dari 5 wilayah DKI, Depok dan sekitarnya, beruntung sudah mendapat kesempatan emas bisa berada di salah satu kapal perang milik TNI-AL ini. Mengenal lebih dekat kebaharian , mendapat berbagai pengalaman menarik selama pelatihan, tidak setiap anak bisa mendapat kesempatan ini . Sayang sekali jaman saya sekolah dulu kayaknya kok gak ada ya. Atau saya aja yang kurang informasi  barangkali, karena publikasinya hanya dikalangan terbatas, boleh jadi 😦 ………. Continue reading “BJRB, TANAMKAN CINTA BAHARI SEJAK DINI”

Cerita dibalik foto

Dirgahayu ke 483 Jakarta


Sebagai warga yang lahir dan besar di kota ini, saya coba sedikit merefleksi. Rangkaian acara untuk memeriahkan ulang tahun kota Jakarta yang ke 483 pada tanggal 22 Juni ini, pada intinya adalah gebyar Jakarta dengan berbagai promosi budaya hingga great sale dan pesta kembang api. Menarik memang, apalagi pas masa-masa liburan sekolah seperti ini.

Baru-baru ini bersama suami saya berada di seputar ‘Kota’ mencari obat Cina di Pasar Pagi. Tanpa rencana kami mampir ke beberapa tempat di seputar Kota Tua, yang telah memberikan sedikit banyak cerita perkembangan Jakarta dari masa ke masa. Mencoba mengenal lebih dekat pelosok kota, meski tempat ini sudah amat sering saya lewati tapi saya mencoba merasakan kembali aura masa lampau di kota tercinta ini.

Mengamati dari dekat gedung-gedung tua yang Continue reading “Dirgahayu ke 483 Jakarta”

Serba serbi dunia pendidikan

Mata Pelajaran TIK di SMP ada lagi ?


sumber foto : http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2013/09/13788509711753255729.jpg

Tanggal 24 Desember 2014 yang lalu, perwakilan guru-guru TIK dibawah koordinasi Wijaya Kusumah, dikenal dgn panggilan Om Jay, menemui mendikbud Anis Baswedan. Kegundahan yang tersirat ini cukup beralasan setelah mendikbud sebelumnya, M. Nuh menginstruksikan implementasi kurukulum 2013 (kurtilas) dijalankan di semua sekolah pada tahun pelajaran 2014-2015 bulan juli lalu. Hilangnya  mata pelajaran TIK dalam struktur kurikulum, menyisakan masalah baru yang berkelanjutan. Meskipun pelatihan-pelatihan intensif sejak 2 tahun lalu terus dilakukan, banyak guru dikatakan belum siap.  Benarkah demikian ?

Continue reading “Mata Pelajaran TIK di SMP ada lagi ?”

Kelas VIII, Materi KBM

GAYA BERAT


Apakah Gaya itu ?

tarik tambang

Jika kita membengkokkan kawat berarti kita telah memberikan sebuah gaya pada kawat dari otot kita. Lilin mainan dapat dibentuk dengan menekan atau menariknya. Mobil-mobilan di arena bermain anak-anak yang juga dikenal dengan bom-bom car atau mobil senggol, dapat berubah kecepatan dan arahnya ketika saling persinggungan satu sama lain di area itu. Kita menginjak pedal gas dan menginjak rem untuk menjalankan dan menghentikan kendaraan yang kita kemudikan. Semua keadaan tersebut disebabkan oleh adanya gaya.

Kalau benda diberi gaya, perubahan apa saja yang mungkin terjadi pada benda?

Continue reading “GAYA BERAT”

Kelas VIII, Materi KBM

Tekanan


Pengertian Tekanan

Sepatu hak tinggi mempunyai luas bidang sentuh yang lebih kecil dari pada sepatu dengan hak lebar. Hal ini mengakibatkan kedua tungkai memperoleh beban yang cukup besar untuk menopang berat tubuh.

Seluruh siswa kelas 8 dimanapun kamu berada, yuuk… kita belajar lagi. Kali ini saya akan membahas tentang tekanan. Tekanan berhubungan dengan gaya. Sebagaimana yang kamu tahu dari pelajaran sebelumnya, gaya dapat didefinisikan sebagai tarikan atau dorongan. Apa pengaruh gaya terhadap permukaan benda? Apakah yang dimaksud dengan tekanan? Coba kamu perhatikan uraian di bawah ini!

Bagaimana rasanya ketika kamu harus menggunakan sepatu hak tinggi? Nah, ketika kamu berdiri, semakin lama kakimu akan terasa pegal dan sakit bukan ? Sepatu/sendal “teplek” yaitu sepatu/sendal yang permukaannya lebar, memang lebih nyaman untuk kaki. Apa sebabnya ?

Selaput di kaki bebek memberikan luas bidang tekan yang besar untuk mengurangi tekanan di tanah akibat berat tubuhnya.
Selaput di kaki bebek memberikan luas bidang tekan yang besar untuk mengurangi tekanan di tanah akibat berat tubuhnya.
Seperti halnya gajah, hewan-hewan besar memiliki luas telapak kaki yang cenderung lebar.
Seperti halnya gajah, hewan-hewan besar memiliki luas telapak kaki yang cenderung lebar.

Perhatikan juga kendaran berat yang digunakan untuk memperbaiki jalan. Alat berat tersebut digunakan untuk memadatkan jalan sebelum dilapisi aspal. Mengapa untuk meratakan jalan digunakan alat berat?

Contoh lain, jika kamu pernah melihat unta dan gajah, kamu akan mengetahui bahwa telapak kaki unta maupun gajah bentuknya melebar. Begitu pula dengan kaki bebek yang memiliki selaput. Apa gunanya kaki unta, gajah maupun kaki bebek berbentuk demikian? Jawaban singkatnya, semua contoh di atas ada hubungannya dengan tekanan. Bagaimana penjelasan fisikanya ?

Continue reading “Tekanan”