Serba serbi dunia pendidikan

Review Rumah Belajar

Saya Etty Lismiati guru di SMP Negeri 71 Jakarta,dan Peserta VCT Batch 5 VCI 100 jakarta 3, akan mereview 2 konten yang terdapat pada portal rumah belajar. Yaitu :

  1. Laboratorium maya dalam Katagori Pendidikan
  2. Kapal “NV BOELONGAN NEDERLAND\” di Teluk Mandeh dalam Katagori Sejarah

Sebagai guru mata pelajaran IPA, berberapa fitur yang terdapat pada rumah belajar, tentu saja perhatian saya tak lepas dari materi yang diharapkan dapat membantu saya dalam memberikan bahan ajar di ruang kelas dan bagaimana penerapannya secara langsung maupun tidak langsung melalui pembelajaran online.

Maka pilihan saya  jatuh pada salah satu konten rumah belajar tentang Laboratorium Maya. Dalam Lab maya, pada katagori IPA SMP, masih didominasi materi Fisika. Meskipun dalam Kurikulum 2013 Fisika dan biologi tidak lagi berdiri sendiri, tapi terintegrasi yang penekanannya pada penerapan IPA bagi kehidupan sehari-hari. Karna pendekatan saintific dalam Laboratorium maya, akan lebih baik jika diberi katagori percobaan Fisika dan Biologi, atau dapat disesuaikan berdasarkan Kompetensi Dasar yg terdapat dalam silabus kurikulum 2013.

Pada Percobaan Rangkaian Seri Dan Paralel, anak dapat melakukan eksperimen sendiri sehingga mengenal dasar-dasar rangkaian listrik dan menyimpulkan pengaruh beberapa variabel yang ada. Ini sangat membantu bagi sekolah yg belum memiliki sarana prasarana memadai. Beberapa percobaan yang agak sulit dilakukan dilaboratorium, karena membutuhkan pengawasan lebih untuk menjaga keselamatan kerja, maka Lab maya dapat menjawab kendala ini. Hanya saja, karena  tidak langsung bersentuhan dengan alat, dan lebih individualistis. Lab maya belum di desain untuk kerja kelompok. Kedepannya diharapkan dapat dikemas sedemikian rupa, sehingga tidak menenggelamkan nilai2 kerjasama antar siswa, meskipun dikerjakan dalam laboratorium maya. Jika perlu ada aplikasi yang dapat membantu penerapannya dalam kehidupan nyata.

Kedua saya akan meriview  konten katagori sejarah yaitu tentang bangkai kapal karam di Teluk Mandeh yaitu kapal MV Boelongan Nederland. Menarik bagi saya karena lokasi wisata teluk mandeh saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun. Kontennya berupa vidio yang menyajikan pemandangan indah wilayah sumatra barat ini, mebuat orang makin tertarik mengunjungi lokasi. Hanya sayang karena masuk dalam katagori sejarah, konten ini kurang menyajikan informasi lengkap tentang kapal ini.

Riview Rumah Belajar ini saya buat dalam  vidio dengan link ini.  Prosesnya sperti ini, dan memang sangat diperlukan perbaikan disana-sini.

Vidio Review Rumah BelajarReview

Tulislah tanggapan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s